Pages

Rabu, 18 April 2012

Cara Kuno Mengatur Jadwal Menstruasi



            Menstruasi adalah tugas alam bagi setiap wanita produktif. Hampir setiap wanita mengalaminya, kecuali wanita kedhi. Karena sama sekali tidak mengalami haid, wanita ini tak bisa memiliki keturunan.
            Haid aldalah gugurnya sel telur dalam rahim karena tidak (gagal) dibuahi. Kemudian dikeluarkan dalam bentuk darah. Orang-orang zaman dulu punya cara untuk mengatur datangnya haid secara teratur. Tentu kondisi itu dapat dicapai dengan dukungan terapi herbal.
            Di antara beberapa bahan yang sering digunakan dalam daun alpukat, buah kapulaga dan daun ungu. Cara menggunakan ketigabahan ini cukup praktis. Misal, ambil 3-6 lembar daun alpukat (Persea gratissima Gaerth) lalu direbus dengan satu gelas air bersih hingga mendidih. Setelah dingin di saring, hasilnya diminum sekaligus.
            Dengan cara yang sama dapat dilakukan dengan merbus lima butir kapulaga (Amomum cardamomum Willd). Juga menggunakan air rebusan segenggam daun ungu (Graptophyllum pictum Griff).
            Bagaimana cara mengatasi haid yang tak teratur?
            Banyak herba yang dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan baru cina (Artemesia Vulgaris Linn) sebanyak 10-30 gram, setelah dicuci bersih direbus dengan 4 gelas air bersih hingga tinggal dua gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum 2 kali sehari. Lakukan secara teratur hingga haid menjadi normal kembali.

0 komentar:

Posting Komentar